Artikel Terbaru

recentposts

Ga perlu kejepang untuk menikmati hanami(花見)ーはなみ.



Hanami (花見, melihat bunga) atau ohanami adalah tradisi Jepang dalam menikmati keindahan bunga, khususnya bunga sakura. Mekarnya bunga sakura merupakan lambang kebahagiaan telah tibanya musim semi. Selain itu, hanami juga berarti piknik dengan menggelar tikar untuk pesta makan-makan di bawah pohon sakura.

Pohon sakura mekar di Jepang dari akhir Maret hingga awal April (kecuali di Okinawa dan Hokkaido). Prakiraan pergerakan mekarnya bunga sakura disebut garis depan bunga sakura (sakurazensen). Prakiraan ini dikeluarkan oleh direktorat meteorologi dan berbagai badan yang berurusan dengan cuaca. Saat melakukan hanami adalah ketika semua pohon sakura yang ada di suatu tempat bunganya sudah mekar semua


Namun tahukah anda kalau kita juga bisa menikmati hanami di Indonesia,Tepatnya di kebun raya cibodas jawa barat.Sebanyak 225 tanaman sakura spesies Prunus Cerosoides (Rosaceae) dengan dominasi warna pink (merah muda) dan putih, berjejer rapi menghiasi Taman Sakura yang bernuansa natural. Bunga sakura yang saat ini tumbuh di Taman Sakura Kebun Raya Cibodas ini tidak semuanya diambil langsung dari Jepang. Dengan sistem stek, LIPI  berhasil mengembangkan bunga sakura yang didatangkan dari Himalaya.

Taman Sakura di Kebun Raya Cibodas ini konon terinspirasi dari bunga Sakura yang tumbuh di Gedung Putih Washington DC. Meski tempatnya tidak terlalu besar, namun banyak orang yang datang mengunjunginya untuk sekedar melihat bunga Sakura yang bermekaran.Jika di Jepang, Sakura hanya mekar 1 kali, yaitu ketika musim semi dengan akhir Mei sebagai puncaknya, maka sedikit berbeda dengan Sakura yang ada di Kebun Raya Cibodas. Kita bisa melihatnya mekarnya Sakura 2 kali setahun, yaitu Januari-Februari dan Agustus-September, jadi jangan sampai anda datang di waktu yang kurang tepat. Dengan udara yang sejuk di ketinggian 1300-1500 Mdpl, memungkinkan untuk Sakura tumbuh dengan baik.


Taman Sakura merupakan salah satu wisata andalan di Kebun Raya Cibodas sehingga pengelola membuat lanskap di Taman Sakura menjadi semenarik mungkin. Hampir sama dengan negara asalnya, Taman Sakura di buat semirip mungkin dengan taman-taman Sakura yang ada di Jepang, contohnya seperti aliran sungai ketika memasuki Taman Sakura. Untuk ke KRC tidaklah sulit. Anda yang biasa ke Puncak bisa mengendarai mobil pribadi atau sepeda motor sampai lokasinya di Cibodas. Dari Jakarta dan Bogor, KRC Cibodas berada di jalur Taman Safari-Cipanas. Papan penunjuknya jelas berada di sebelah kanan. Ada pertigaan besar untuk menuju KRC.

Anda yang menggunakan kendaraan umum juga mudah mencapainya. Jika Anda ke sana di hari kerja, dari Jakarta atau Bogor Anda bisa naik bus jurusan Bandung lalu minta turun di Cibodas. Dari pertigaan itu Anda bisa menumpang kendaraan umum atau sewa ojek
Jika Anda ke sana di akhir pekan memang harus sedikit repot. Kalau bawa mobil sendiri sebaiknya berangkat pagi-pagi sebelum lalu lintas macet. Kalau naik kendaraan umum Anda harus naik angkutan kota dari Gadog, Bogor, atau Ciawi dan turun di Cibodas. Sebab, pada akhir pekan bus umum jurusan Bandung harus lewat Sukabumi.
Untuk tiket masuk ke Kebun Raya Cibodas sendiri, anda hanya membayar Rp. 6000,-, cukup murah untuk menikmati indahnya Sakura yang tengah mekar bukan dibanding dengan biaya ke Jepang yang jauh lebih mahal, setidaknya dengan melihat Sakura secara langsung bisa melepaskan kerinduan anda pada Sakura di Jepang.
Ga perlu kejepang untuk menikmati hanami(花見)ーはなみ. Reviewed by Alfiansyah Anwar on 18.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Hak Cipta Alfiansyah's Blog © 2011 - 2015

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
UA-55669263-1