Artikel Terbaru

recentposts

Mengenal Jeruk Keprok Garut Yang Istimewa

Keprok garut termasuk jeruk bermutu, dan dihargai paling tinggi oleh konsumen karena rasa, aroma, dan kelembutannya. Harganya bisa dua kali lipat siem garut yang bernilai Rp 3.000,00 – Rp 3.500,00/kg atau tiga kali lipat jeruk lain.
Di Garut terdapat bermacam-macam jeruk yang dapat dimakan langsung sebagai buah segar. Menurut Ir. Yudi Hermawan, PPS Tanaman Pangan Dinas Pertanian Kabupaten DT II Garut, yang termasuk jeruk garut adalah keprok (Citrus nobilis chrysocarpa), konde (C. nobilis unshiu), licin (C. nobilis reticulate), siem (C. nobilis microcarpa) dan manis (C. aurantium). Yang bernilai komersial tinggi hanya keprok dan siem sehingga jeruk lainnya nyaris tak dikembangkan orang.
Keprok garut juga lazim disebut jeruk paseh atau keprok paseh, yang berarti jeruk yang sempurna dipandang dari segi bentuk, ukuran, penampilan, rasa, dan nilai ekonominya. Keprok lain seperti licin dan konde dianggap kurang bermutu, karena
berukuran lebih kecil, berkulit hijau, dan terlalu murah harganya.
Ciri khas
Keprok garut berbentuk agak bulat lonjong, dengan permukaan kulit yang agak kasar. Warnanya kuning agak kemerahan setelah masak, tapi tak merata. Di pangkal buah terdapat benjolan seperti bintang, atau tonjolan berupa putting. Kulitnya yang tebal tak begitu melekat pada daging buah, sehingga mudah sekali dikupas. Orang menyebutnya ngelotok. Septa-septa daging buah mudah sekali dilepas, dan daging buahnya lunak, lembut dan banyak mengandung air. Rasanya manis agak masam yang segar, dan beraroma khas, karena bijinya sedikit, jeruk itu nyaman sekali dinikmati sebagai buah segar.
Keprok garut yang baru ini mulai berbuah pertama kali setelah 3-3,5 tahun bibit ditanam di lapangan. Pembuahan pertama rata-rata dapat menghasilkan 30-40 kg/tahun/pohon. Selanjutnya dapat menghasilkan 40-60 kg/tahun/pohon. Masa produktif 5-6 tahun. Setelah berumur 8-9 tahun. Tanaman siap dibongkar untuk peremajaan.
Mengenal Jeruk Keprok Garut Yang Istimewa Reviewed by Global Information on 08.39 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Hak Cipta Alfiansyah's Blog © 2011 - 2015

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
UA-55669263-1