Artikel Terbaru

recentposts

Tutorial Pembentukan Ranting Pada Bonsai



Pengawatan pada bonsai bertujuan untuk membentuk batang, cabang, dan ranting agar tumbuh sesuai dengan arah yang diinginkan. Proses pengawatan pada bonsai memerlukan kawat yang mudah dibengkokkan tetapi tetap keras sehingga dapat mengarahkan tumbuhnya batang, cabang, atau ranting dengan baik. Dan agar pengawatan tidak kelihatan/berbekas dan tetap menampilkan hasil bonsai yang indah alami, dibutuhkan teknik khusus.



Dan kawat yang digunakan sebaiknya berukuran sepertiga ukuran batang, cabang, atau ranting sehingga dapat melilit dengan tepat dan baik. Karena ukuran kawat harus mengikuti ukuran batang yang akan dililit, maka dalam satu tanaman dapat digunakan beberapa macam kawat. Kawat yang digunakan untuk melilit batang, cabang, dan anak batang berbeda. Apalagi kalau dalam anak cabang terdapat lagi cabang yang lebih halus. Jadi pengawatan harus dilakukan dengan hati-hati. Jangan terlalu kencang, tetapi juga jangan terlalu longgar. Kawat yang terlalu kencang akan melukai kulit batang, cabang atau ranting yang dikawati. Sebaliknya kawat yang terlalu longgar dapat mengakibatkan bentuk yang didapatkan jelek atau tidak sesuai dengan keinginan.

Dan hal ini tidak dapat ditentukan secara pasti karena tergantung juga pada cepat lambatnya pertumbuhan batang dan lingkungan tumbuh tanaman. Batang atau cabang yang berbeda ukuran akan berbeda juga waktu pengawatannya. Jadi pengawatan pada tanaman bonsai harus diperhatikan dengan baik baik, karena kalau tidak diperhatikan ranting pada kulit bonsai yang dikawati akan rusak dan perlu waktu lama untuk pemulihan pada tanaman bonsai

Apabila Anda ingin mencoba tehnik pembentukan ranting ini, Anda dapat membeli bahan bonsai atau bonsai yang sudah jadi melalui kebunbibit.id , Kebunbibit.id menyediakan beragam macam tanaman bonsai, mulai dari bonsai buah, bonsai bunga, bahan bonsai, bonsai mame sampai dengan bonsai import mulai dari harga 50ribu hingga puluhan juta, kebunbibit.id juga menyediakan lebih dari 1900 species untuk dijual. silakan klik disini untuk mulai belanja.
Terimakasih, tunggu video tutorial selanjutnya yaa.
Tutorial Pembentukan Ranting Pada Bonsai Reviewed by Alfiansyah Anwar on 14.10 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Hak Cipta Alfiansyah's Blog © 2011 - 2015

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
UA-55669263-1