Artikel Terbaru

recentposts

Tutorial Cara Merubah Domain Menjadi com/net/id/etc

Sering kali saya mendapatkan pertanyaan dari teman, adik kelas, komunitas di facebook tentang bagaimana cara merubah domain .blogspot menjadi .com atau domain lainnya. disini saya akan menjelaskan satu persatu bagaimana caranya. untuk dapat merubah domain blog Anda menjadi .com yang pertama Anda harus membeli domain terlebih dahulu melalui penyedia layanan hosting, ada banyak kok, bisa menggunakan domosquare, saya sendiri menggunakan layanan domosquare untuk merubah blog saya menjadi domain yang baru, dari like-indonesia.blogspot.com menjadi alfiansyahanwar.com

Biaya pembelian domain tidak mahal kok, hanya Rp.100rb/tahun untuk domain .com .net .my dll, kalau untuk domain .id biayanya 500rb/tahun dan ada beberapa persyaratan khusus sob, perbulan nya ga sampe 10rb untuk domain .com , oh iya pastikan kalian punya rekening bank ya untuk melakukan pembelian domain. Jangan lupa mendaftar terlebih dahulu di domosquare.com, setelah selesai mendaftar akun silakan kalian memilih domain yang ingin digunakan.

setelah selesai mendaftar domain dan telah melakukan pembayaran atas akun tersebut (pastikan bayar loh ya), Anda login ke halaman cpanel domosquare. lalu pilih domain mana yang ingin digunakan.

nah setelah itu klik domain yang dipilih maka, akan muncul halaman seperti ini :
Nah pada bagian ini klik DNS Management Lalu klik Manage DNS, maka akan keluar tampilan seperti dibawah ini
pada halaman ini silakan Anda klik Add A Record, lalu akan muncul tampilan seperti ini 
Nah pada bagian host name dibiarkan kosong, lalu pada bagian Destination IPv4 Address masukkan 4 IP Dibawah ini :
216.239.32.21
216.239.34.21
216.239.36.21
216.239.38.21 
Pada TTL isi dengan 14400 . IP tersebut di masukkan satu persatu, jadi nanti akan ada 4 A record. Setelah selesai mengatur A record, klik pada bagian CName, maka akan muncul tampilan seperti ini
Lalu, klik Add CNAME Record, maka akan keluar tampilan seperti ini
oh iya, pada CName ini kalian akan diminta untuk memasukkan dua buah records, data yang ada di record ini dapat kalian temukan di blogger kalian lalu klik setelan. lalu klik "siapkan url pihak ke-3" lalu masukkan domain yang telah Anda beli, pastikan menggunakan www di depannya.

Nah kalian tinggal mengcopy-paste kedua data yang ada pada bidang label dan target ke CName record yang akan kalian tambahkan, setelah kedua data ini kalian tambahkan silakan close tampilan tersebut lalu merefresh pada halaman "Manage DNS" pada bagian DNS Management akan muncul tombol "Configure Now", silakan menunggu pada saat proses pengiriman data DNS server, paling cepat 1 jam bisa sampai 72jam juga hehehe, kalian tambahkan lagi pada bagian setelan URL Domain yang telah kalian beli dan setting DNS nya. jangan lupa untuk menchecklist (centang) agar dapat meredirect dari domain.com ke www.domain.com, dan domain baru kalian sudah siap mengudara. Apabila Ada atau banyak yang tidak jelas dari tutorial yang saya buat, silakan posting pertanyaan kalian agar dapat saya bantu untuk melakukan konfigurasi DNSnya, terimakasih  :)


Tutorial Cara Merubah Domain Menjadi com/net/id/etc Reviewed by Alfiansyah Anwar on 17.46 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Hak Cipta Alfiansyah's Blog © 2011 - 2015

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
UA-55669263-1