Artikel Terbaru

recentposts

Drama 18 Jam Touring ke Bromo dari Batu Malang Lewat Nongkojajar (Juni 2015)

Berawal dari iseng nanya "kamu pengen jalan jalan kemana?" lalu dijawab sama Ade "saya pengen ke bromo", disitulah awal mula kami mengadakan jalan-jalan ke Bromo yg direncanakan berangkat tgl 10 Juni 2015. Touring ini direncanakan akan di ikuti 30 orang, yaitu staff dan kerabat dari kebunbibit.id, namun sayangnya pada akhirnya yang berangkat hanya 19 orang. 9 orang boncengan dan 1 orang sendirian. setelah saya melakukan pencarian informasi mengenai perjalanan ke bromo di Internet, saya memutuskan untuk pergi lewat lawang - nongkojajar, walaupun ngeri juga waktu baca berita kalo jalur tersebut rawan begal (wwkwkkwkw). Baca juga cerita kami waktu jalan jalan ke pantai 3 warna,kab,malang

Kami janjian di Pom Tlogomas sambil ngefullin bensin dan nyiapkan logistik pukul 22.00 berangkat dari sana menuju bromo, namun sayangnya rekan kami yang menyewa Kawasaki KLX ngaret karena dibohongi oleh jasa penyewaan motornya (jarene ngono), sudah booking 2 motor ternyata yang tersedia hanya satu saja. jadi kami memutuskan untuk menunggu mereka di pom singosari. pukul 23.40menit baru mereka sampe juga di pom. Nah perjalanan kami ke bromo menggunakan 10 KudaBesi sob, berikut detailnya, 3 Kawasaki KLX, 2 Revo, 1 Vario, 2 Honda Beat(yg satu sendirian), 1 Vixion, 1 Satria FU,14 cowo dan 5 cewe. ini dia nih muka muka yang pada nungguin pasukannya berkumpul.

Singkat cerita anggap saja kami berangkat jam 00.00 dari singosari, waktu itu karna tidak ada yg tau jalan akhirnya saya memutuskan untuk menggunakan jasa google maps :D, simpel dan praktis bro. kalo ente pada pengen ke bromo dengan tujuan sunrise jalur nongkojajar ini paling bener sob, karena nanti akan tembus tosari (tempat syuting punk in love) selain itu treknya juga cukup bagus bro. waktu itu kami sempet bolak balik muter karena kebingungan sampe masuk ke daerah pemukiman warga dan ternyata jalan buntu cuy, sampe waktu balik itu ada 3 orang bapak-bapak yg nunggu depan rumahnya, waktu mereka nawarin untuk nunjukin jalan ke bromo, dia bilang gini "kalo lewat tosari itu baru boleh naik jam 3 mas, bayar 35ribu perorang, kalo saya anter pake jalur atas sini bebas dan gapake tiket" waktu kita tanya mereka minta uang berapa sempet bingung juga waktu nentuin harga akhirnya mereka bilang "350rb" nah kita akhirnya ga milih option ini dan coba arah tosari sampe akhirnya sampe juga di pemberhentian pertama, sampe di parkiran tosari sekitar pukul 02.10 kita duduk2 disitu sambil nunggu gerbangnya dibuka, akan banyak yg nawarin pakaian hangat disana sob. nih dia penampakan nya waktu disana. Banyak juga turis2 baik internasional atau lokal yg nunggu disini sob, terutama yg bawa motor. karena motor baru boleh naik jam 3.

iseng iseng ane tanya ke abang abang disana, "mas ini nanti kita boleh naek jam berapa ya?" dia jawab "ini sekarang udah boleh kok", nah setelah tanya jalurnya akhir ane bilang ke pasukan buat naik broo... "nanti ada pertigaan ambil kanan terus aja mas". sampe diloket berikut harga tiket masuknya bro. 1Motor (Boncengan) 60rb, kalo sendiri (32500), itu weekday, kalo weekend laen lagi ya broo, berhubung kita brangkatnya rabu malem jadi kena 60rb, kalo weekend 70rb. Setelah itu kita naek masuk gerbang, nah disini nih pas naek dapet beberapa menit udaranya naek level bro, udah pake sarungtangan masih aja membeku bro. sempet ngeliat beberapa mobil hartop mogok ditengah jalan, dan motor temen ane juga waktu mao sampe di pananjakan sempet ngadat karna kampasnya(atau apalah itu gangguan), kondisi waktu itu udah mulai macet jadi buat ane jaga2 agar mesin jangan sampe mati ane geber terus, ane bawa Satria FU boncengan sama cemewew ane :D,wkwkwk

Singkat cerita akhirnya kita sampe dipananjakan bro, diparkiran nanti bakalan banyak warung2 makanan dan toilet (rata2 toilet disana Rp.2000), nah kalo bisa jangan lama2 deh di parkiran, langsung naek aja ke spot liat sunrise karena kita bakalan rebutan spot tempat duduk cari angle terbaik buat sunrise. sampe disitu aja udah rame gan. kita diatas sekitar jam 04.00, sambil kita ambil spot tempat duduk, disana waktu itu udah 70% keisi bangkunya, banyak bener bule gan, eropa ataupun asia udah ampe ga keitung banyak suara suara congcingcengcung disekitar wkaowkaowakwoakw. Nah pas sang surya udah mulai mau muncul disana pada mulai diri semua bro. nah ngeselin nya pas ane sama cemewew ane ikut diri juga bapak bapak dibelakang kiri ane ngomong gini "udah dapet tempat duduk enak enak, nyaman kok malah bediri" dalem hati ane ngedumel "biji matalu meletak, kalo kaga diri mana keliatan -_-', orang didepan ane pada diri semua"

Singkat cerita sekitar pukul 05.30an sang surya muncul bro, ini bromo emang keren bro kaya yang ada di kalender atau walpaper, berasa diatas awan dah pokoknya, apalagi kalo ente kesini sama pacar atau orang spesial, bakal berkesan bangat bro (kaya ane wkwkwk), kasian yg pacaran ama anak SMA, boro2 mao diajak ke bromo, pacaran aja masih gaboleh sama ortunya, wkwkkw. setelah puas foto2 disana kita memutuskan turun gunung sekitar jam 07.00. sekalian cari sarapan di pertigaan ke arah pasir berbisik. waktu itu kita sarapan POPMIE 23 buah, padahal orangnya cuma 19 hahaha. Popmie waktu itu disana Rp.10000 dan bensin 11-12ribuan. kalo ditempat gini mah jangankan 12 ribu, 20rb juga dibeli. daripada kaga bisa pulang awawakwawkwao

kita lanjutkan turun ke pasir berbisik (atau apalah namanya yg banyak pasir2nya), kata budhenya yg diwarung "kalo turun jangan matiin mesin mas, bahaya". soalnya jalurnya waktu itu antara aspal dan plester bro, dan kemiringannya horror bro. sampe dibawah kita cari spot untuk syuting (buat urusan pekerjaan wkwkwk), sambil foto2 menikmati pasirnya gan, jalanan nya bener2 keren bro, asal jalan sedikit meleot stirnya, akwoawkoaw udah pengen jatoh aja bawaan nya. yg bawa KLX si enak karna motornya emang di ciptakan untuk medan yg berpasir dan tak rata seperti ini.

setelah itu skitar pukul 10.00 kita lanjutin perjalanan lagi ke kawah bromo, jalanan nya keren lagi, beberapakali pengen jatoh sampe cemewew ane harus jalan dulu bro, gatega ane liatnya bawa anak orang ke bromo sampe di bromo harus jalan xD, hehehe maap ya neng, jokinya masih bau kencur :D. oh iya bro parkir diskitar bromo ini rata2 Rp.5000 di pananjakan dan kawah segitu. dari parkiran ke kawahnya kita masih harus naek lagi brooo... bakalan ada kuda yg nawarin buat jasa ke kawahnya waktu itu ane ditawarin 30rb si, daripada naek kuda mending jalan berdua menuju puncak sama si eneng lebih berkenang walaupun si eneng juga kecapekan(iya ga neng? wkwkwkw) jadi gini nih pas liat tembok.

Setelah sampe diatas, kita masih harus naik 249 anak tangga lagi sampe ke kawah, mantaaapp bener kann, jangan lupa bawa masker ya soalnya diatas ini belerang nya bener2 ngena banget, kalo kaga maskeran sesek yang iya, akwoakwoawk setelah poto2 disana kami turun lagi tanya2 ke orang parkiran jalur lewat tumpang, dia bilang "kalo lewat tumpang pasirnya tebel mas dan jalan keatasnya rusak namun ga begitu curam tapi nanti kalo udah sampe atas jalannya sudah enak", kalo lewat nongkojajar si udah pasti enak, tapi naiknya itu tadi bro yg serem, takutnya rekan yg pada pake matic ga kuat naek, masa iya mao jalan, itu jalan keatas, yg ada gempor mereka.

Akhirnya kami menyusuri pasir lagi muterin bromo, skitar 10kali ampir jatoh dan akhirnya si eneng ane ajak jatoh dipasir juga (malu bener ane wkwkwk) kalo kata pepatah "sepandai pandainya tupai melompat akhirnya jatuh juga", wkaowkaowkaw untungnya itu pasir tebel jadi ga sakit (kata si eneng si gitu). setelah melewati pasir kita mulai naik ke arah tumpang dan hokinya jalan nya ancur bener kata kang parkir, ibarat keluar dari minyak panas masuk ke penggorengan. fokus menikmati jalan menanjak dan berluang(walau tak senikmat lubang berjalan wkwkwkw), disini si eneng terpaksa harus jalan lagi, kalo kaga gitu nanti si eneng malah tebalik lagi bisa berabe kan urusan sama camer,hahaha. singkat cerita nih akhirnya ngeliat jalanan beraspal juga pos pemberhentian dengan panorama bukit teletubisnya (disini pertigaan bromo dan semeru). jadi gini nih kira2 penampakan pasukan ane waktu ngeiat tempat rada enakan dikit.

Setelah istrhat sekitar 30menit kita lanjutin lagi perjalanan nya, jalanan aspal mendaki gunung dan melewati lembah waktu itu pada cape karena emang ga tidur,dan jalanan turun kebawah kita mulai lengah dan lost focus sampe akhirnya seger lagi waktu tiba2 jalanan kembali rusak (tapi ga separah waktu naek dri bukit teletabis), disinilah terjadi tragedit rem blong, akwoakwaow motor ane blong bro, kaget juga waktu injek rem blakang jadi enteng, langsung ane kencengin ke depan bilang ke yg pling dpan buat berenti, tau2 dri blakang ada yg bilang "rem si lufti blong", nah pas banget kan rem ane juga blong, jadi ceritanya abis jalanan alus terus jalanan rusak rem Vixion dan Satria Blong, karna kepanasan ini. Ga motornya, yang nyetir dan yg dibonceng udah lelah semua.

Singkat cerita kita menyurusi turunan lagi dengan hati2 kanan kiri jurang dengan view lereng gunung yg keren sekali bro, sampe jalanan aspal ane alon alon asal kelakon karna emang tangan ane udah berasa panas dingin bin kesememutan, wkaowakow sampe rumah skitar jam 15.30 dengan tampilan telapak tangan merah item biru ijo wkkwkwwwk. Overall walaupun cape lelah letih lesu, perjalann ke bromo ini bener2 AJIB brooo, lu harus coba sensasinya kalo naek motor keren dah pokoknya,kalo ente ikut travel wisata ga bakal secapek kita kita yg bawa motor. Terimakasih untuk Allah SWT yg sudah melindungi kami dari berangkat hingga kembali ke rumah masing2, temen2 Kebunbibit, para petualang, Pak steve & Lugas, Ade & Adit, Agung & Yono, Anrico, Amiq & Mitha, Elly & Anton, Lutfi & Ima, Fidha & Vico, Yayak & Lina, dan si eneng hanun yg udah rela saya ajak panas panasan, jatoh diatas butiran pasir, berjalan ditengah teriknya matahari, tak kenal lelah kasih semangat untuk saya, karna kamulah yg buat aku bisa berjuang melawan rasa lelah dan ngantuk yg ada. 18 jam perjalanan ke bromo, ISTIMEWA!!

Drama 18 Jam Touring ke Bromo dari Batu Malang Lewat Nongkojajar (Juni 2015) Reviewed by Alfiansyah Anwar on 19.21 Rating: 5